·

 
Pernikahan adalah sakral.
Kata itu selalu terlintas dalam benak seseorang yang akan menjalani proses pernikahan. Saking sakralnya. Para tetua (orang yang dituakan) selalu mengajarkan menggunakan metode tersendiri sampai ada yang meyakininya memakai nepu (bahasa local palu nepu=nenek punya sejenis mantra)
Demikian sakralnya pula, sang calon mempelai pria. Berusaha untuk melafalkan secara mulus, lantang dan meyakinkan. Dan karena ke sakralan nya, terkadang seseorang gugup, gemetar bahkan bisa diulang-ulang hingga berkali-kali.
Lalu mengapa penulis membahas kesakralan ucapan ijab Kabul yg tidak sesuai dengan judul.
Ok. Selintas dengan ucapan ijab Kabul. penulis menganggap sebagai sebuah segmen acara yang paling tidak bisa untuk dilewatkan. Jangankan para photographer dan videografer……bahkan salah kunci kesuksesan tukang masak. Terdiam sejenak untuk mendengarkan ucapan ijab Kabul itu.
Lalu bagaimana seharusnya sepasang calon pengantin merencanakan pernikahannya dari sisi dokumentasi. Ya. Sebaiknya untuk urusan itu, sang calon pengantinlah yg menentukan, ingin menggunakan jasa siapa.

Beberapa pertanyaan seharusnya muncul.

1. apakah keperluan dokumentasi cukup dengan photo saja
2. apakah keperluan dokumentasi cukup dengan film saja
3. atau ingin menggunakan jasa photo sekaligus film
4. kenapa harus DVD
5. kenapa harus Digital
6. kenapa menggunakan jasa si A. kenapa tidak si B saja
7. apakah budjet yg diminta sesuai dengan sample yg diperlihatkan
8. apakah dengan harga murah, anda bisa mendapatkan layanan jasa yang baik.
9. kenapa tidak bayar yang mahal jika ada layanan dan hasil pekerjaan sipenjual jasa pernah anda lihat.
10. apakah anda pernah melihat si A atau si B dilokasi acara pernikahan sehingga anda menggunakan jasanya
11. apakah hanya karena pertemanan sehingga anda menggunakan jasanya.

Jangan lupa perhatikan paket photo dan shooting yang ditawarkan oleh si penjual jasa.
Kalaupun harga sudah ditentukan oleh penjual jasa, harusnya anda punya posisi tawar sebagai calon konsumen. Dan apabila harga disepakati, cobalah minta bonus. Misalnya saja bonus bingkai atau yang lainnya. Siapa tau sipenjula jasa masih mau berbaik hati.
Jangan lupa titip pesan kepada photographer atau kameramennya untu tidak ragu menjepret atau merekam sebuah moment yang sayang untuk dilewatkan.
Dan usai ucapan ijab Kabul siangnya, silahkan menikmati malam pertama anda sambil menunggu proses pencetakan photo anda dan juga video pernikahan anda.